Makna angka dalam jawa


Bagaimana orang Jawa (kuno) bicara angka dan bilangan…

      Orang Jawa kuno benar-benar menyukai sastra, bahkan untuk menyatakan bilangan-bilangan mereka menggunakan  bahasa (kata) yang indah-indah sebagai pengganti angka.

      Tetapi sebelum aku sedikit bercerita (sebatas pengetahuanku) tentang hubungan antara sastra dan matematika perkenanlah aku sedikit memberikan perkenalan tentang perbedaan antara angka dan bilangan
(lagi-lagi sebatas pengetahuanku).

  Banyak orang yang mungkin menganggap kalau angka dan bilangan adalah hal yang sama padahal sebenarnya angka dan bilangan adalah hal yang berbeda. Angka tidak lain adalah simbol yang digunakan untuk melambangkan suatu bilangan sedangkan bilangan itu sendiri merupakan suatu obyek yang abstrak. Kata orang-orang sih memang obyek matematika adalah abstrak sedangkan apa yang nampak (seperti angka, bilangan, kubus dll) hanyalah merupakan upaya untuk melambangkan hal-hal yang abstrak. Terus terang aku tidak punya ilmu untuk membahas maupun mendebat hal tersebut (antara abstrak dan konkret)
.


      Kembali ke masalah angka dan bilangan…
      Untuk lebih jelasnya aku berikan contoh:
     12——-> mana angka dan mana bilangan pada “12″?

      Pada “12″ terdapat dua angka, yaitu angka 1 dan angka 2 sedangkan 12 itu sendiri merupakan bilangan yang melambangkan suatu kuantitas (panjang, berat, umur dll). Jadi “1″ dan “2″ tersebut merupakan angka-angka yang digunakan untuk melambangkan bilangan “12″, tentu saja angka-angka 1 dan 2 juga dapat digunakan untuk melambangkan bilangan-bilangan yang lain tergantung dari banyaknya angka “1″ dan “2″ yang digunakan dan juga tergantung posisi peletakan angka-angka tersebut.

       Kesimpulannya adalah terdapat 10 angka, yaitu mulai dari 0, 1, 2, … sampai 9. Oh ya 10 angka yang aku maksudkan tersebut adalah pada sistem penulisan latin, tentu saja masih banyak sistem penulisan yang lain (seperti Arab, Jawa, Cina, Romawi, Babilonia dll).

       Semoga contoh tersebut dapat menjelaskan perbedaan angka dan bilangan.
      Sekarang kembali ke masalah sastra (Jawa) dan matematika ya…
                                                                                                              Sebelumnya aku persempit dulu definisi matematika di sini, matematika kan salah satunya terkenal dengan dunia simbol (termasuk angka-angka) nah matematika di sini hanyalah sekedar tentang angka dan bilangan.
kalimat SIRNA ILANG KERTANING BUMI yang kalau tidak salah kalimat tersebut melambangkan tahun runtuhnya kerajaan Majapahit, yaitu tahun 1400. Kok bisa SIRNA ILANG KERTANING BUMI melambangkan bilangan tahun 1400?
      Di sastra Jawa dikenal yang namanya SENGKALA yaitu melambangkan angka dengan kata-kata tetapi sepertinya penggunaan sengkala sebatas pada pelambangan TAHUN, tidak tahu penggunaan sengkala untuk menyatakan kuantitas yang lain. Ada dua macam sengkala, yaitu CANDRA SENGKALA untuk menyatakan tahun Jawa dan Surya Sengkala untuk menyatakan tahun Masehi. Seperti halnya angka dan bilangan, banyak orang yang menganggap kalau candra sengkala sama dengan surya sengkala (mungkin karena mereka hanya fokus pada kata sengkala).

      SIRNA ILANG KERTANING BUMI ——–> ada 4 kata.
      1400  ———- > ada 4 angka.
      Ya setiap kata memang melambangkan suatu angka.
      Apakah berarti sirna melambangkan angka 1; ilang melambangkan angka 4 dst?

      Sebelum kita cari tahu makna dari masing-masing kata, marilah kita amati bilangan tahun 1400. Pada bilangan 1400 terdapat dua angka yang kembar yaitu angka “0″, jadi tentu saja pada sengkala tersebut seharusnya terdapat dua kata yang sama. Kita tahu bahwa arti kata sirna melambangkan ketidakadaan (sirna, lenyap, hilang dll) begitu juga kata ilang atau hilang, jadi kata sirna dan ilang melambangkan hal yang sama atau dengan kata lain kata sirna dan hilang adalah sama. Nah dari situ bisa kita tebak kalau kata sirna dan ilang melambangkan ketidakadaan alias “nol”.
    
      SIRNA ILANG KERTANING BUMI
         (0)         (0)              (?)                (?)
      Melambangkan apakah kata kerta (kata dasar dari kertaning) dan bumi?

      Sepertinya lebih mudah kalau kita membahas kata bumi lebih dulu karena kita sama-sama tahu kalau bumi itu hanya ada satu (fakta sementara), jadi berarti kata bumi melambangkan 1 dan tentu saja kesimpulan akhirnya kata kerta melambangkan 4.

      SIRNA ILANG KERTANING BUMI
         (0)         (0)              (4)                (1)
      Jadi pembacaan sengkala arahnya dibalik.

      Berikut kata-kata yang digunakan dalam sengkala untuk melambangkan suatu bilangan (maaf seadanya ya karena jujur saja sudah banyak yang lupa):

1 : Bumi,-Buana,-Surya,-Candra,-Tunggal,-Ika,-Eka,-Raja,-Manunggal,-Negoro.
(Setunggal/siji/angka satu) (Bumi+buana/keadaan dunia) (Surya/cahaya matahari) (andra/bulan)  (Tunggal+Ika+eka/kesatuan menjadi satu) (Raja/ratu/pemimpin) (Manunggal/bersatu) (Negoro/negara)
2 : Dwi,-Tangan,-Sikil,-Kuping,-Mata,-Netra,-Panembah,-Bekti.(kaleh/loro/rwa/angka dua) (dwi/dua bagian yg seimbangan)(tangan/asta/bagian tubuh kanan dan kiri) (sikil/suku/kaki) (kuping/telinga) (mata/netra/mripat/pandeleng/paningal) (panembah/menghormati) (bahkti/pengabdian/kewajiban)
3 : Tri,-Krida,-Gebyar.  (Tri/telu/angka tiga) (krida/solah/perbuatan/tindakan) (gebyar/pesta/semarak/meriah/gemerlap)
4 : Catur,-Kerto. 
 (Papat/sekawan/pepat/angka empat) (catur/jenis bahasa/empat bagian/gunem/ucapan/kandoh/kata-kata) (kerto/maju/kemakmuran/sedang berkembang)
5 : Panca,-Astra,-Tumata . (Limo/gangsal/angka lima) (panca/lima kekuatan diri dari manusia) (tumata/teratur/sudah tertata)
6:  Rasa,-Sad,-Bremana,-Anggata.  (nem/angka enam) (rasa/roso/pengertian/memahami/perasaan/empati/simpati) (sad/sod/sederhana/kesederhanaan) (bremana/kebijaksanaan/arif) (anggata/terpelajar/berilmu pengetahuan)
7 : Sapta,-Sinangga,-Sapi. (Pitu/sapta/angka tujuh) (sinangga/saling menghargai/menjaga/menjunjung drajat dan kehormatan)
8 : Asta,-Naga,-Salira,-Manggala. (Wolu/delapan/angka lahpan) (asta/tangan) (naga/berlambang/simbol kewibawaan) (salira/mewujudkan bentuk keinginannya) (manggala/derajat terhormat/para pembesar/pejabat)
9 : Nawa,-Hanggatra,-Bunga.
(Songo/sangang/angka sembilan) (nawa/melambangkan kekuatan/bahdai/semangatnya) (hanggatra/kemuliaan/kesempurnaan) (bungah/kebahagiaan/gembira/keindahan)
0 : Ilang,-Sirna,-Sonya,-Hening,-pungkasan. 
 (Nol/nul/angka kosong) (ilang/ical/menghilang) (sirna/sirno/lenyap/musnah/menghilang/pergi) (sonya/kosong/tidak ada isi) (hening/sunyi tidak ada apa-apa) (pungkasan/penyelesaiannya/akhir/keputusannya)

Contoh sengkala-sengkala yang lain :
  1. Lambang kraton Yogya –> “DWI NAGA RASA TUNGGAL” melambangkan tahun 1682.
  2. Kabupaten Banyumas –> “BEKTINING MANGGALA TUMATANING PRAJA” melambangkan tahun 1582
  3. Kabupaten Sleman —> “RASA MANUNGGAL HANGGATRA NEGARA” melambangkan tahun 1916 (Masehi)
  4. Kabupaten Sleman —> “ANGGATA CATUR SALIRA TUNGGAL” melambangkan tahun 1846 (tahun Jawa)
  5. Kabupaten Pati —> “KRIDANING PANEMBAH GEBYARING BUMI” melambangkan tahun 1323
      Semua sengkala-sengkala di atas melambangkan atau menunjukkan tahun berdirinya masing-masing daerah.
      Bahkan ada surya sengkala baru yang cukup bagus untuk menandai peristiwa-peristiwa yang menimpa bangsa dan negara kita di tahun 2006, yaitu “RASA SONYA ILANGING PANEMBAH” yang dapat diartikan “HILANGNYA KESADARAN BERBAKTI"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar